Subscribe:

Labels

  • PGSD

    PGSD merupakan jurusan untuk belajar di bidang keguruan mengajar siswa SD

  • GITA KENCANA

    FOTO PENABUH YANG GANTENG

  • SUKSES PGSD

    Sukses bermula dari pikiran kita. Sukses adalah kondisi pikiran kita. Bila Anda menginginkan sukses, maka Anda harus mulai berpikir bahwa Anda sukses, dan mengisi penuh pikiran Anda dengan kesuksesan.

Selasa, 16 Desember 2014

KONSEP–KONSEP DASAR ILMU SOSIAL



Disusun Oleh : Kelompok 1
                                    Ni Luh Putu Eka Agustini                   (1111031037)
                                    Ni Wayan Meliawati                           (1111031097)
                                    Ni Made Ayu Beniasih                        (1111031129)
                                    Ngakan Putu Sindu Wija Putra           (1111031149)
                                    I Ketut Restana Asta                           (1111031169) 
                                    A.A Istri Virnayanti                            (1111031079)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sejak SD kita telah mempelajari dan mengenal pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sering kita terapkan dalam kehidupan sehari–hari. Setiap saat kita diwajibkan untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi satu sama lainnya. Itu adalah salah satu contoh nyata dari penerapan Ilmu Sosial di sekitar kita.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran atau suatu program pendidikan memadukan konsep–konsep terpilih dari ilmu–ilmu sosial untuk membina warga negara yang baik. Di Sekolah Dasar (SD) kita telah memulai belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, melalui pembelajaran tersebut diharapkan siswa dapat memiliki pengetahuan, wawasan dan menerapkan konsep–konsep dasar ilmu sehingga siswa akan memiliki kepekaan terhadap lingkungan disekitarnya, serta memiliki keterampilan mengkaji dan memecahkan masalah–masalah sosial yang ada. Melalui pelajaran IPS ini, diharapkan siswa dapat menjadi warga negara yangbaik.
Disini, kita sebagai calon guru yang baik, dituntut untuk dapat menjelaskan, memahami, dan menerapkan konsep–konsep dasar IPS dengan baik karna kita dharus mengajar dan membina siswa agar mereka paham dengan apa yangkita sampaikan.


1.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaiman kedudukan Ilmu Sosial dalam kehidupan sehari–hari?
2.      Apakah pengertian dari fakta, konsep dan generalisasi dan bagaimana hubungannya?
3.      Apa saja yang termasuk bagian dari konsep–konsep dasar ilmu sosial?

1.3 Tujuan
1.      Menjelaskan kedudukan Ilmu Sosial dalam kehidupan sehari hari.
2.      Membedakan pengertian fakta, konsep dan generalisasi dalam ilmu sosial dan hubungannya.
3.      Menjelaskan konsep–konsep dasar ilmu sosial.



1.4 Manfaat
1.      Mengetahui kedudukan ilmu sosial dalam kehidupan sehari–hari
2.      Memahami pengertian fakta, konsep dan generalisasi dan hubungannya.
3.      Mengetahui bagian–bagian dari konsep dasarilmu sosial dan pengertiannya.












 

 























BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Kedudukan Ilmu Sosial dalam Bidang Ilmu
Di  bangku SLTA mungkin diajarkan beberapa mata pelajaran, misalnya ekonomi, sejarah, kimia, fisika, matematika dan lainnya. Macam-macam mata pelajaraan tersebut disebut juga sebagai bidang ilmu atau disiplin ilmu yang merupakan hasil dari suatu proses perkembangan ilmu pengetahuan dari dahulu sampai sekarang. Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan dapat ditelusuri dari sejak zaman Yunani kuno, dimana pada zaman tersebut semua pengetahuan belum terbagi-bagi atau terspesialisasi dalam satu kesatuannya. Yang berkembang pada masa itu hanya filsafat, seperti filsafat alam dan filsafat social (N. Daldjoeni, 1981). Dalam hal ini filsafat alam akan menghasilkan ilmu-ilmu alamiah sedangkan filsafat social menghasilkan ilmu-ilmu sosial. Dari uraian sejarah tersebut, dapat dikatakan filsafat merupakan induk atau sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan saat ini. Dari filsafat akan lahir tiga cabang ilmu pengetahuan yang masing-masing dari ketiga ilmu tersebut akan terbagi lagi kedalam disiplin ilmu atau spesialisasi yang bila diuraikan lebih dalam lagi sebagai berikut:
1.      Ilmu-ilmu alamiah (natural sciences), meliputi: fisika, kimia, biologi, dan juga matematika.
2.      Ilmu-ilmu social (social sciences), meliputi: ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, psikologi, geografi, dan lainnya.
3.      Ilmu-ilmu budaya  (humanities), meliputi: ilmu bahasa, kesusastraan, kesenian, dann sebagainya.
Dari uraian ilmu pengetahuan diatas dapat dikatakan bahwa ilmu-ilmu social pada awalnya juga berinduk pada filsafat yang seiring dengan perkembangan iptek mulai memisahkan diri dari ilmu-ilmu alamiah dan ilmu-ilmu budaya. Ilmu sosial akhirnya terpecah-pecah ke dalam cabang ilmu yang berbeda fokus dan metode kajiannya yang dalam perjalannya dari satu ilmu sosial yang satu lahirlah geogarafi,sejarah, antropologi, ilmu politik, ilmu hokum, psikologi, ilmu ekonomi dan lainnya. Kalau dilihat secara sepintas macam ilmu sosial diatas, akan dapat dilihat suatu persamaan dalam hal pengkajiannya tentang manusia pada umumnya. Namun dalam hal tinjauannya masing-masing cabang ilmu sosial di atas meninjau dari sudut yang berbeda satu sama lainnya untuk memperoleh stuktur ilmunya masing-masing.
2.2 Pengertian Fakta, Konsep, dan Generalisasi
Struktur ilmu dari masing-masing cabang ilmu social meninjau hal-hal dalam kehidupan masyarakat yang berbeda pula. Penyusunan struktur ilmu pengetahuan, termasuk ilmu social terdapat tiga tingkatan dari yang mengkhusus (sempit) ke yang paling umum (paling luas),yaitu:
1.      Fakta
2.      Konsep
3.      Generalisasi
Dimana ketiga hal ini membangun materi ilmu-ilmu sosialn (Savage dan Armstrong, 1996:24).
a.       Fakta
Fakta  dapat didefinisikan sebagai  segala sesuatu baik dalam bentuk informasi atau data yang ada/terjadi dalam kehidupan yang dapat dipahami/dihayati dan dikumpulkan dimana kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Dalam hal ini, fakta memiliki jangkauan penjelasan yang terbatas dimana merujuk pada suasana yang khusus dan keberlakannya terbatas (kurang bersifat umum). Beberapa contoh sederhana fakta, yaitu:
·         Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) tahun 2011 dilaksanakan mulai tanggal 6 agustus sampai 11 agustus  2011;
·         Ramah Tamah Jurusan PGSD di ketuai oleh Ni Luh Putu Evytasari Pebriani.
Fakta menjadi suatu hal yang penting dalam stuktur atau susunan ilmu karena fakta membantu dalam proses pembentukan konsep dan generalisasi,karena konsep dapat dicapai dalam suatu proses yang melibatkan fakta-fakta yang bersifat khusus tidakdipelajari dalam kekosongan (Savage dan Armstrong, 1996:24). Walau demikian untuk mampu memahami konsep dan generalisasi diperlukan pemilihan fakta-fakta yang efektif dari sekian fakta yang ada.
     Hubungan antara fakta dan konsep sangat erat,sebagai ilustrasi ada sebuah contoh,misalnya Kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK)UNDIKSHA tahun 2011 diadakan mulai tanggal 6 agustus sampai 11 agustus 2011. OKK UNDIKSHA 20011 diadakan di Kampus Tengah UNDIKSHA. Tata tertib dan perlengkap OKK di unggah di website UNDIKSHA.
Dari fakta-fakta diatas tampak saling berhubungan danmembentuk suatu gagasan atau konsep tentang Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Sehingga apabila ada yang membaca fakta-fakta tersebut,maka fikirannya terbentuk suatu pengertian tentang konsep OKK.
b.      Konsep
Secara sederhana konsep dapat diartikan sebagai suatu penamaan (pemberian label) untuk sesuatu yang membantu seseorang mengenal, mengerti, dan memahami sesuatu tersebut. Atau jika dikaitkan hubungannya dengan fakta diatas dapat dikatakan konsep adalah kumpulan beberapa fakta-fakta yang tersusun secara sistematik sesuai literatur  yang berlaku. Pengertian lainnya tentang konsep ialah sesuatu yang tersimpan dalam pikiran suatu pemikiran, suatu idea tau suatu gagasan (Moore Skeel,1995:30). Dari beberapa pengertian tentang  konsep,dapat dikatakan suatu konsep yang dihadapi akan berbeda tergantung latar belakang atau pengalaman orang yang melakukan konseptualisasi. Konsep dapat membantu mengorganisasikan informasi atau data yang dihadapi yang ditempatkan dalam kategori-kategori atau kelompok-kelompok dan mempertimbangkan hubungan antar datanya.
Konsep yang jika dikaitkan dengan fakta dapat dikatakan sebagai suatu keterkaitan antar sejumlah fakta yang nantinya diberikan lebel atau nama berupa kata-kata. Karakteristik yang dimiliki suatu konsep disebut atribut,dimana atribut nantinya akan menjadi penjelas dari konsep-konsep yang telah ditentukan. Sebagai contoh berikut misalnya memiliki konsep “sepeda motor” dimana atribut penjelasnya adalah: 1) kendaraan beroda dua, 2) digerakkan dengan mesin, 3) berbahan bakar premium. Mungkin konsep diatas dapat dijelaskan dengan beberapa atribut yang mudah, tapi ada beberapa konsep yang cukup sulit dijelaskan atributnya dengan kata-kata sederhana, seperti demokrasi, kebudayaan, keadilan, sosialisasi, dan konsep-konsep lainnya.
c.       Generalisasi
Definisi generalisasi secara singkat dapat dikatakan sebagai gabungan sebuah atau sejumlah konsep yang memiliki suatu keterkaitan makna. Keterkaitan konsep dalam generalisasi akan berdampak pada keikutsertaan fakta dalam hal ini, karena generalisasi mengungkapkan sejumlah besar informasi yang kebenarannya diperlukan pembuktian dan tanggung jawab. Sehingga fakta-fakta yang terkumpul dan yang akan dijadikan sebagai suatu konsep harus spesifik dan terkait dengan konsep dan genaralisasi yang akan dibuat. Sebagai salah satu contoh misalnya:
·      “Ketika seorang siswa SMA/SMK meningkat menjadi seorang mahasiswa baru, tanggung jawabnya pun meningkat”.
Generalisasi berisi banyak konsep di dalamnya. Pada generalisasi di atas yang terdiri dari konsep-konsep seperti “siswa SMA/SMK”, “mahasiswa baru”, dan juga “tanggung jawab”. Jadi dapat dilihat pada contoh diatas generalisasi dibentuk dari beberapa konsep yang terkait satu sama lain.


2.3 Konsep Dasar Ilmu Sejarah
Sejarah dapat disebut sebagai salah satu cabang ilmu sosial. Sejarah selalu ada kaitannya dengan apa yang terjadi di masa lalu. Akan tetapi, tidak semua yang terjadi di masa lalu dapat di katakan sebagai sejarah. Cerita atau dongeng yang bersifat fiktif tentang masa lalu atau diragukan pembuktiannya tidak tepat untuk dapat sebagai pengajaran. Sejarah yang baik menceritakan tentang orang dan kejadian dalam semangat pengkajian sehingga mendorong pendengar atau pembacanya berpikir kritis tentang apa yang benar–benar terjadi. Sejarah sangat luas artinya. Berikut adalah beberapa pengertian para ahli tentang sejarah.
1.      Menurut Benedetto Croce (1951) sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius,budayawan, pemikir yang mengutamakan tindakan dan pembaru agama.
2.      Menurut sejarawan Baverley Southgate (1996), pengertian sejarah dapat didefinisikan sebagai “studi tentang peristiwa di masa lampau.”Dengan demikian,sejarah merupakan peristiwa faktual di masa lampau,bukan kisah fiktif apalagi rekayasa. Definisi menurut Baverley Southgate merupakan pemahaman paling sederhana. Pengertian sejarah menurut Baverley menghendaki pemahaman obyektif terhadap fakta-fakta historis. Metode penulisannya menggunakan narasi historis dan tidak dibenarkan secara analitis (analisis sejarah).
3.      Moh. Yamin. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.
4.      R. Moh Ali, pengertian sejarah ada 3 yaitu:
a)      Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa seluruhnya yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
b)      Sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis (serba teratur dan rapi)
c)      Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau.
5.      Patrick Gardiner . Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
6.      J.V Brice . Sejarah adalah catatan-catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.. Pengertian sejarah berbeda dengan pengertian Ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu manusia sedangkan Ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalumanusia.
7.      Ilmu pengetahuan historis (sejarah) menurut Karl Popper adalah ilmu pengetahuan yang tertarik pada peristiwa-peristiwa spesifik dan penjelasannya. Sejarah sering dideskripsikan sebagai peristiwa-peristiwa masa lalu sebagaimana peristiwa itu benar-benar terjadi secara aktual. Popper menyatakan bahwa dalam sejarah tidak teori-teori yang mempersatukan. Dalam artian, kumpulan hukum universal yang sepele digunakan dan diterima begitu saja (are taken for granted).
8.      Menurut Muthahhari, ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:
a)      sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang
kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
b)      Sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
c)      filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.

9.      Sejarah, menurut Encarta adalah "pada pengertiannya yang luas, totalitas dari semua kejadian masa lalu,"
10.  Menurut Britannica "disiplin yang mempelajari rekaman kejadian secara kronologis (menyangkut negara dan manusia) berdasarkan pengujian kritis atas materi sumber dan biasanyamenyajikan penjelasan atas penyebabnya,"
11.  Wikipedia menyebut . "Sejarah adalah narasi dan penelitian kejadian masa lalu yang sinambung dansistematis."
12.  Sejarah, menurut E.H. Carr dalam buku teksnya What is History, adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.
13.  Sejarah menurut G.R. Elton dan Henry Pirenne berdasarkan studi displin ilmu yang bersumber pada ; 1) Filologi (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa pada naskah-naskah kuno; daun lontar, daluwang, kertas), 2) Epigraf (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa kuno pada batu, kayu, logam, dikenal sebagai prasasti), 3) Arkeologi (ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah/artefak).

            Sejarah merekam sejumlah aspek kejadian, baik aspek social, budaya, geografi, ekanomi dan politik. Inilah yang menyebabkan sejarah dikatakan sebagai pondasi dari ilmu sosial. Sebagai akibatnya, maka konsep utama dalam sejarah adalah waktu dan kejadian.
            Sumbangan ilmu sejarah bagi ilmu sosial bagi ilmu sosial berupa kumpulan tentang pengetahuan masa lalu, yang memberikan pandangan bermakna terhadap apa yang sedang terjadi pada saat ini dan apa yang diharapkan di masa yang akan dating. Hal ini dapat merupakan penjelasan tetntang hubungan sebab akibat di dalam kehidupan. Peristiwa – peristiwa tidak pernah terjadi dalam kekosongan, melainkanada sesuatu yang akan di pengaruhi olehnya.
            Salah satu kesulitan guru sejarah adalah melakukan pilihan konsep–konsep sejarah dan memberi arah atau makna bagi siswa dan kehidupannya. Suatu hal yang tidak di harapkan adalah bahwa para siswa belajar semua kumpulan sejarah pengetahuan sejarah sebagai hafalan belaka. Pengetahuan sejarah atau peristiwa-peristiwa sejarah tersebuat harus di seleksi,sesuai dengan kelayakan usia siswa dan kemaknaannya untuk masa sekarang dn masa yg akan datng. Para siswa perlu di latih menemukan hubungan antara peristiwa sejarah.

2.4 Konsep Dasar Geografi
                        Geografi merupakan ilmu social yang memiliki kajian tentang ruang dan jarak yang menjadi tempat tinggal manusia. Dalam geografi, konsep-konsep yang sering digunakan adalah:
v  Lokasi, menentukan lokasi atau menemukan suatu tempat di permukaan bumi ini memerlukan keterkaitan dengan tempat-tempat yang diketahui.
v  Posisi (kedudukan), saat ini ditentukan oleh garis latitude dan longitude.
v  Tempat (site), merujuk pada lokasi pada suatu tempat yang pasti dengan suatu gambaran atau sumber-sumber daya setempat.
v  Distribusi (pembagian), berarti dimana orang–orang hidup diatas bumi.
v  Arrangement (perancangan), merujuk pada bagaimana benda-benda ditempatkan di tempat orang-orang hidup.
1.      Lokasi, adalah konsep utama yang akan digunakan untuk mengetahui fenomena geosfer. Konsep lokasi dibagi atas:
a. Lokasi Absolut, lokasi menurut letak lintang dan bujur bersifat tetap.
b. Lokasi Relatif, lokasi yang tergantung pengaruh daerah sekitarnya dan sifatnya berubah.
2.      Jarak, yaitu panjang antara dua tempat. Terdiri antara atas :
a. Jarak Mutlak, satuan panjang yang diukur dengan kilometer.
b. Jarak Relatif, jarak tempuh yang menggunakan satuan waktu
3.      Keterjangkauan, menyangkut ketercapaian untuk menjangkau suatu tempat, sarana apa yang digunakan, atau alat komunikasi apa yang digunakan dan sebagainya.
4.      Pola, berupa gambar atau fenomena geosfer seperti pola aliran sungai, pola pemukiman, lipatan patahan dan lain-lain.
5.      Morfologi, menunjukkan bentuk muka bumi sebagai hasil tenaga endogen dan eksogen yang membentuk dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan.
6.      Aglomerasi, pengelompokan fenomena di suatu kawasan dengan latar belakang adanya unsur-unsur yang lebih memberi dampak positif.
7.      Nilai Kegunaan, manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang.
8.      Interaksi Interdependensi, keterkaitan ruang antara satu dengan yang lain, misalnya interaksi antara desa dengan kota.
9.      Diferensiasi Area, daerah-daerah yan terdapat di muka bumi berbeda satu sama lain. Dapat dicermati dari corak yang dimiliki oleh suatu wilayah dengan wilayah yang lainnya.
10.  Keterkaitan keruangan, hubungan antara penyebaran suatu unsur dengan unsur yang lain pada suatu tempat.

Geografi mengkaji gambaran fisik dari daerah, faktor–faktor cuaca, kepadatan penduduk, sumber-sumber alam, penggunaan tanah, produksi pertanian, industry, ekspor dan impor.


2.5 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomeia. Kata ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yaitu oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan. Dengan demikian arti sesungguhnya dari oikonomeia yaitu mengatur rumah tangga. Rumah tangga di sini adalah dalam pengertian luas, jadi bukan rumah tangga dalam arti sehari-hari.

            Rumah tangga ini berarti setiap bentuk kerjasama manusia untuk mencapai kemakmuran atas dasar prinsip ekonomi. Misalnya rumah tangga konsumsi, rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara, dll. Kalau kita simpulkan maka ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhannya.

            Ilmu pengetahuan ekonomi lahir pada abad ke-18, yaitu pada saat Adam Smith menuangkan dalam “inquiry into the nature and causes of wealth of nations” (tahun 1776), mambahas ekonomi secara sistematis dan bersifat menyeluruh yang dituangkannya di dalam teori-teori ekonomi. Sejak Adam Smith-lah baru masalah ekonomi diuraikan secara ilmu pengetahuan, sehingga ia dianggap sebagai bapak ilmu ekonomi. Pendapat-pendapat tentang ekonomi sebelum Adam Smith belum dapat dianggap sebagai ilmu ekonomi, berhubung pembahasannya belum sistematis dan tidak bersifat menyeluruh.

                        Perhatian utama seorang ahli ekonomi adalah pada kemampuan masyarakat untuk menyesuaikan kebutuhan mereka yang tidak terbatas ke pada sumber–sumber daya mereka yang terbatas. Seorang ahli ekonomi tertarik pada tindakan masyarakat dalam menggunakan sumber–sumber daya , baik sumber daya manusia, maupun sumber daya fisik (alam), dalam menghasilkan barang dan jasa dan pendistribusian pada  masyarakat. Ia akan mencari jawaban terhadap pertanyaan–pertanyaan tentang apa, bagaimana, kapan dan untuk siapa memproduksi barang tersebut.

                        Menurut Martin dan Miller (Skeel, 1995:35) masyarakat yang berbeda mengahasilkan sistem ekonomi yang berbeda. Tugas utama ekonomi adalah menjelaskan persamaan–persamaan esensial dan hakikat perbedaan–perbedaan dalam kehidupan ekonomi pada masyarakat yang berbeda itu, sehingga seseorang dapat memahami dengan lebih baik tentang kondisi–kondisi tempat dan hidup dan memahami alternatif–alternatif yang terbuka baginya.

                        Konsep – konsep yang paling dasar dalam ilmu ekonomi adalah Kelangkaan (scarcity), Spesialisasi (specialization) , Saling ketergantungan (interdependence), Pasar (market) dan Kebijakan Umum (public policy). Disini kita akan membahas satu persatu bagian dari konsep–konsep dasar ilmu ekonomi yaitu :
1.      Kelangkaan
Kelangkaan berarti bahwa suatu pilihan harus dibuat dalam pengalokasian sumber–sumberdaya tertetu, apakah uang, waktu atau minyak bumi, yang ingin digunakan masyarakat sesuai keinginannya, sehingga masyarakat harus membuat pilihan.
Contohnya : Kelangkaan minyak bumi atau Bahan bakar Minyak (BBM) sejak kurun waktu 3 tahun yang lalu mulai mengalami penurunan produksi karena sulitnya atau berkurangny sumber daya alam yang mengakibatkan kelangkaan minya bumi, Selain itu juga semakin banyaknya kebutuhan akan minyak bumi adalah salah satu faktor yang menyebabkan semakin sulitnya untuk memperoleh minyak bumi tersebut.
2.      Spesialisasi
Spesialisasi merujuk pada pembuatan pilihan yang sepenuhnya atau seutuhnya hanya pada satu macam tugas.
Contoh : misalnya dalam suatu perusahaan pembuatan makanan, Beni bekerja hanya membersihkan kotoran makanan, Gung Ani hanya memotong makanan, dan Eka hanya membungkus makanan. Tiap–tiap pekerja sudah secara spesialisasi atau secara khusus hanya mengerjakan satu tugas khususnya.
3.      Saling Ketergantungan
Saling Ketergantungan menggambarkan adanya ketergantungan/keterkaitan antara seseoranga dengan orang lainnya. Seseorang tidak dapat menghasilkan semua hal yang dibutuhkan dan ia tergantung pada jasa orang lain.
Contoh: Misalnya anda tidak mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan anda. Baju, sepatu, buku, alat tulis, makanan, juga pelayanan jasa yang anda butuhkan sehari–hari tentu anda tidak dapat memenuhi sendiri. Sehingga anda akan tergantung pada barang–barang dan jasa yang disediakan oleh orang lain.
4.      Pasar
Konsep pasar berarti ada perimbangan antara kebutuhan terhadap barang dan jasa yang telah dihasilkan atau disediakan.
Contoh: dalam suatu pasar jika kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa tersebut banyak makan barang dan jasa akan disediakan untuk memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, sehingga antara kebutuhan dan persediaan antara barang dan jasa menjadi seimbang.
5.      Kebijaksanaan Umum
Konsep kebijaksanaan umum adalah suatu pola membuat keputusan yang menentukan apa yang akan dan tidak akan diproduksi atau dilakukan.
Contoh: Bila dalam suatu perusahaan memproduksi suatu barang yang akan diperjual belikan, namun ternyata barang tersebut tidak layak untuk digunakan, maka akan dikeluarkanny kebijaksanaan umum untuk tidak mengizinkan produk tersebut di edarkan.
2.6 Konsep Dasar Ilmu Politik dan Pemerintahan
                                           Ilmu politik merupakan ilmu yangmempelajari hal ihwal kenegaraan atau politik. Untuk dapat memenuhi apakah ilmu polotik dan apa konsep-konsep yang dibahas dalam ilmu politik, maka kita perlu terlebih dahulu memahami apakah politik itu. Miriam Budiarjo (1972) menyatakan bahwa politik adalah macam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik(atau negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan.

     Politik selalu menyangkut kepentingan tujuan-tujuan dari seluruh masyarakatdan bukan tujuan pribadi seorang. Pengambilan keputusan (decision making) mengenai apakah yang menjadi tujuan dari sistem politik itu dilakukan melalui seleksi antara beberapa alternatif dan penyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah dipilih itu. Untuk melaksanakan tujuan-tujuan itu perlu ditentukan kebijaksanaan-kebijaksanaa umum (public policies) yang menyangkut pengaturan dan pembagian (distribution) atau alokasi kekuasaan dan sumber-sumber yang ada. Pelaksanaan kebijaksanaan-kebijaksanaan itu perlu dimiliki kekuasaan (power) dan kewenangan (authority) yang akan dipakai baik untuk membina kerjasama ataupun untuk menylesaikan konflik yang mungkin timbul dalam proses ini.

                        Dari penjelasan di atas dapat kita tarik beberapa konsep pokok ilmu polotik,  yaitu: negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijaksanaan, dan pembagiankekuasaan, demokrasi, dan lain-lain. Sementara itu Skeel (1995) menambahkan konsep ilmu politik lainnya yang perlu dipahami yaitu sosialisasi polotik, keabsahan (ligitimacy), kewenangan (authority) dan perilaku politik (political behavior).

                        Negara adalah suatu organisasi yang meliputi wilayah, sejumlah rakyat dan mempunyai kekuasaan berdaulat ke luar dan ke dalam. Setiap negara memiliki sistem politik yaitu pola mekanisme (pelaksanaan) kekuasaan. Sedangkan yang dimaksud kekuasaan adalah hak dan kewenangan dan tanggung jawab untuk mengelola tugas tertentu.  Kekuasaan (negara) mampu mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan ketentuannya. Kekuasaan ini bisa berada pada tingkat nasianal, kelompok sosial, kelompok keagamaan ataupun pada keluarga. Keabsahan (ligitimacy) berkaitan dengan legalisasi dan penerimaan masyarakat. Sistem politik bersifat lebih tinggi daripada kekuasaan masyarakat.

                        Keputusan adalah penentu pilihan di antara beberapa alternatif.  Sedangkan istilah pengambilan keputusan (decision making) menunjuk pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai. Menurut Miriam Budiarjo(1972) pengambilan keputusan sebagai konsep pokok ilmu menyangkut keputusan-keputusan yang diambil secara kolektif dan yang mengikat seluruh masyarakat.

Sementara itu yang dimaksud dengan kebijaksanaan (policy) adalah pola kebijaksanaan dan atau proses penentuan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik (misalnya partai politik) dalam usaha pemilihan tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan itu. Pihak yang membuat kebijaksanaan itu pada prinsipnya mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya. Sedangkan yang dimaksud pembagian dan alikas (distribution and allocatian) adalah pembagian dan penjatahan dari kekuasaan dalam masyarakat.

                        Yang dimaksud dengan sosialisasi politik adalah proses pembinaan politik masyarakat agar mereka memahami hal ihwal politik secara baik dan benar. Dengan kata lain, sosialisasi politik merupakan upaya agar warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam sistem politik yang berlaku. Sementara itu, kewenangan (authority) adalah hak yang sah dari individu-individu untuk melaksanakan kekuasaan terhadap orang lain. Sedangkan perilaku politik(political behavior) adalah suatu cara yang dilakukan individu-individu dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

                                           Sehubungan ilmu politik terhadap ilmu pengetahuan sosial adalah menyediakan informasi dasar mengenai proses, perilaku, dan lembaga-lembaga politik, juga tentang hubungan diantara warga negara, kebijaksanaan umum, dan gagasan tentang pemerintah, seperti demokrasi, keadilan, dan kesamaan. Melalui ilmu pengetahuan sosial yang disumbang oleh ilmu polotik ini para siswa dapat belajar bagaimana kejadian-kejadian politik berpengaruh pada kehidupan mereka begitu juga bagaimana mereka tersosialisasikan atau belajar untuk berpartisipasi di dalam sistem politiknya (negaranya).

2.7 Konsep Dasar Sosiologi
                        Para ahli sosiologi menaruh perhatian pada perilaku dan lembaga serta interaksi antar individu dan kelompok/asosiasi dalam masyarkat. Konsep-konsep utama dalam sosilogi mencakup kelompok , lembaga, peran, norma, nilai, sosialisasi, dan masyarakat.
Konsep  kelompok menunjukan pada sejumlah orang yang hidup bersama dalam mencapai satu tujuan. Konsep lembaga atau pranata.  Menurut Soerjono Soekanto lembaga atau pranata adalah himpunan dari  norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan bermasyarakat. Jadi pranata sosial pada dasarnya  bermula dari adanya kebutuhan-kebutuhan manusia yang perlu dipenuhi, yang pemenuhannya memerlukan keteraturan.
Peran sebagai konsep sosiologi dapat diartikan sebagai fungsi peran oleh seorang dalam suatu lembaga sesuai dengan kedudukan atau statusnya. Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses membantu individu melalui belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berfikir kelompoknya,agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. Dengan kata lain sosialisasi merupakan proses mempelajari norma, nilai, peran dan semua  persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.
Konsep norma, menurut Robert MZ Lawang norma adalah patokan prilaku dalam suatu kelompok tertentu. Sementara itu nilai adalah apa yang dianggap penting atau berharga bagi individu atau kelompok. Menurut Lawang nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan yang pantas, yang berharga, yang mempengaruhi prilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.
Sosiologi memberikan sumbangan kepada ilmu pengetahuan sosial berupa pemahaman tentang bagaimana lembaga-lembaga sosial berkembang dan bagaimana orang-orang berinteraksi didalamnya.

2.8 Konsep Dasar Antropologi
Antropologi adalah semua hal tentang manusia, dan tidak hanya terpaku pada sebagian kelompok orang tetapi mencakup semua manusia, bukan hanya dari satu aspek melainkan dari segala aspek. Secara etimologi, antropologi berasal dari dua kata, yaitu Antrop dan Logos. Antrop berarti manusia, sedangkan Logos berarti kajian, diskusi, atau ilmu. Ilmu pengetahuan antropologi mengkaji manusia dalam bermasyarakat, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam suatu masyarakat suku bangsa, kebudyaan, dan perilakunya.
Macam-macam Jenis Cabang Ilmu Antropologi
1.      Antropologi fisik
a.  Paleontologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang asal-usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil
b.  Somatologi, yaitu ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan cirri-ciri fisik.
2.      Antropologi budaya
a.  Prehistori, yaitu ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenai tulisan
b.  Etnolinguistik antrologi, yaitu ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia
c.  Etnologi, yaitu ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa yang ada di dunia
d.  Etnopsikologi, yaitu yang mempelajari kepribadian bangsa seta peranan individu kepada bangsa dalam proses perubahan adapt-istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.
Fase-Fase Perkembangan Antropologi
1.         Fase Pertama (Sebelum1800)
 Pada fase ini, masyarakat pribumi yang ada di Asia, Afrika,dan Amerika mulai didatangi oleh bangsa Eropa sejak akhir abad ke-15. pada masa itu mulai terkumpul suatu besar himpunan buku-buku kisah perjalanan, laporan, dan sebagainya yang ditulis oleh para musafir, pendeta, pelaut, ataupun pegawai pemerintah. Bahan-bahan deskripsi itu kemudian disebut sebagai etnografi, atau deskripsi tentang bangsa-bangsa. Isi dari deskripsi itu terkesan aneh di mata orang Eropa, namun hal itu amat menarik perhatian kalangan terpelajar di Eropa Barat di Sebagian orang Eropa menganggap bangsa-bangsa pribumi itu adalah manusia liar, turunan iblis, dan sebagainya. Sehingga timbul istilah savages, dan primitives, sebutan bagi penduduk asli di Asia, Afrika, dan Amerika.
a.      Sebagian orang Eropa menganggap bahwa manusia dari tanah Asia, Afrika, dan Amerika itu adlah contoh dari manusia murni, yang belum kemasukan hasutan kejahatan dan keburukan yang sudah terjadi di Eropa.
b.         Sebagian orang Eropa tertarik dengan adapt-istiadat yang aneh, dan mulai mengumpulkan benda-benda kebudayaan dari suku-suku bangsa primitive tersebut. Kumpulan itu kemudian dihimpun menjadi satu dan diperlihatkan kepada umum(museum).
2.         Fase Kedua (Pertengahan Abad Ke-19)
Ketika sekitar tahun 1860 ada beberapa karangan yang mengklasifikasikan bahan-bahan mengenai berbagai kebudayaan di dunia dalam berbagai tingkat evolusi, lahirlah antropologi. Ilmu itu bersifat akademis. Mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitif dengan maksud mendapatkan pengertian mengenai tingkat-tingkat kuno dalam sejarah dan sejarah penyebaran kebudayaan manusia di muka bumi.
3.         Fase Ketiga (Permulaan abad 20)
Dalam fase ini, ilmu antropologi menjadi sangat penting. Orang-orang Eropa mempelajari kebudayaan suku-suku bangsa di luar Eropa guna kepentingan pemerintah colonial dan guna mendapat suatu pengertian tentang masyarakat kini yang kompleks.
4.         Fase Keempat (Sesudah 1930)
Ilmu antropologi mengalami masa perkembangan yang paling luas, baik mengenai bertambahnya bahan pengetahuan yang jauh lebih teliti, maupun mengenai ketajaman metode-metode ilmiahnya. Pokok atau sasaran para ahli antropologi tidak lagi hanya suku-suku bangsa primitive yang ada di luar benua Eropa, melainkan juga daerah di pedesaan pada umumnya, ditinjau dari sudut anekawarna fisiknya, masyarakatnya, serta budayanya.
Difinisi Antropologi Menurut Para Ahli. Ada beberapa definisi mengenai antropologi antara lain:
a.                    Keesing (1981) , Antropologi adalah kajian tentang manusia.
b.                    Haviland (1985), Antropologi adalah studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya dibeperoleh pengertian lengkap tentang keanekaragaman manusia.
c.                    Kamus Antropologi dan Ariyono Suyono (1985), Antropologi adalah suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik, kepribadian, masyarakat serta kebudayaannya.
d.                    Koentjaraningrat (1990), Ilmu antropologi memperhatikan lima masalah mengenai makhluk hidup yaitu :
1.     Masalah Perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
2.    Masalah sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia, dipandang dari sudut cirri-ciri tubuhnya.
3.    Masalah sejarah asal, perkembangan, serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia.
4.    Masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia.
5.    Masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku bangsa yang tersebar di seluruh bumi pada zaman sekarang ini.

2.9 Konsep Dasar Psikologi Sosial
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi social, seperti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya termasuk di dalamnya interaksi antara orang dan hasil kebudayanya.
Psikologi social juga merupakan suatu ilmu pengetahuan baru dalam abad modern. Ilmu ini mulai di rintis pada tahun 1930 di amerika serikat dan kemudian juga di Negara-negara lain. Sebagai displin ilmu yang relatif baru dalam perkembangannya ia banyak menggunakan materi-materi yang sudah tersedia dalam disiplin ilmu social lainnya, seperti dari sosiologi dan antropologi misalnya konsep-konsep tentang norma,sruktur social dan peranan adalah konsep yang di ambil dari disiplin ilmu yang sudah lebih dahulu berkembang. Pengkajian psikologi social akan dapat memberi gambaran tentang apa pengertian psikologi social dan apa saja yang menjadi objek dalam studinya. Mempelajari modul Psikologi Sosial merupakan pangkal otak untuk mengetahui lebih lanjut tentang prinsip-prinsip maupun proses dan tingkah laku seseorang sebagai mahluk social.
Psikologi sebagai ilmu pengetahuan
Walaupun sejak dulu telah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam, akan tetapi karena kerumitan dan kedinamisan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800-an yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama didunia. Pada tahun 1879 Wilhem Wundt mendirikan laboratorium Psikologi pertama di University of Leipzig, Jerman. Ditandai oleh berdirinya laboratorium ini, maka metode ilmiah untuk lebih mamahami manusia telah ditemukan walau tidak terlalu memadai. dengan berdirinya laboratorium ini pula, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pengetahuan, sehingga tahun berdirinya laboratorium Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.
Fungsi psikologi sebagai ilmu
Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:
·         Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.
·         Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.
·         Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan
Ruang Lingkup Psikologi Sosial
Psikologi sosial   mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu:
·       Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat)
·       Studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain
·       Studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok, dan persaingan.





















BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
                        Ilmu Pengetahuan Sosial memprogramkan pendidikan dengan konsep-konsep terpilih dari ilmu-ilmu social untuk membina warga negara yang baik. Dalam kaitannya dalam pengajaran terhadan calon guru sekolah dasar, ilmu pengetahuan social memberikan pemantapan wawasan tentang konsep-konsep dan keterampilan dasar pendidikan IPS sekolah dasar. Dalam kehidupan sehari-hari IPS memberikan pedoman tata cara untuk berinteraksis antar individu maupun kelompok dengan baik.
                        Hubungan antara fakta, konsep, dan generalisasi sangatlah erat, fakta merupakan segala sesuatu yang dapat dihayati/dipahami yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan, sedangkan konsep merupakan susunan fakta-fakta secara sistematik yang berkaitan antar fakta didalamnya. Dan generalisasi merupakan pernyataan tentang hubungan antar konsep yang mengandung fakta-fakta di dalamnya. Sehingga antar fakta, konsep, dan generalisasi merupakan suatu kepaduan yang utuh dalam penyusunannya.
                        Dalam setiap disiplin ilmu sosial akan terdapat konsep-konsep yang terkandung didalmnya. Ada beberapa konsep yang terdapat dalam ilmu social,yaitu: konsep dasar ilmu sejarah, konsep dasar geografi, konsep dasar ilmu ekonomi, konsep dasar ilmu politik dan kepemerintahan, konsep dasar sosiologi, konsep dasar antropologi dan konsep psikologi social.
3.2 Saran
Adapun saran yang dapat disampaikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Kedudukan ilmu sosial di dalam masyarakat hendaknya dijadikan pedoman dalam beriteraksi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Dalam pembuatan konsep untuk menyusun suatu generalisasi hendaknya kita mencari dan menggunakan fakta-fakta yang sistematik sesuai dengan konsep dan generalisasi yang akan kita buat.
3.      Sebagai calon guru SD hendaknya mampu memahami konsep-konsep yang terkandung didalam setiap disiplin ilmu social dengan baik.



Daftar Pustaka

Samlawi Fakih dan Maftuh Bunyamin,1998: Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat JendralPendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bandung.
Tim Pengajar  IPS, Materi IPS, Singaraja: Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar